• HOME
  • Sitemap

Cara Mengajarkan Anak Menabung

 on 6 Jun 2014  

Cara Mengajarkan Anak Menabung
Cara Mengajarkan Anak Menabung - Walau dipandang kurang penting oleh sebagian besar orang tua, kegiatan menabung merupakan jurus ampuh untuk membuat anak berpikir lebih jauh sebelum membeli barang favoritnya.

Untuk membangun kebiasaan anak untuk menabung, beberapa kendala kerap ditemui. Nah, beberapa langkah berikut bisa ditempuh.

Kenalkan Nilai Uang
Sebelum anak mengenal pengertian menabung, mereka harus mengenal nilai uang terlebih dahulu. Dengan begitu anak lebih mudah untuk diajak menabung.
Beri keterangan sebanyak mungkin akan nilai uang, alas an untuk berhemat, dan lain-lain. Tentu saja, hal itu perlu diulang dan diajarkan pada buah hati Anda. Dengan begitu mereka dapat belajar dari apa yang sudah disampaikan.

Jelaskan Pengertian Menabung
Memberi pengertian kepada anak Anda adalah hal pertama yang harus dilakukan. Bisa dimulai dari pengertian menabung, yaitu menyisihkan uang untuk membeli sesuatu yang diinginkan di kemudian hari atau pada saat mendadak kita sangat membutuhkan uang. Ketika ini sudah dijelaskan, Anda bisa menyampaikan pengertian berikutnya,  berupa manfaat yang muncul jika kita menabung.

Berilah Contoh
Kebiasaan orang tua cenderung ditiru oleh anak. Maka, Anda bisa memberikan contoh pada mereka. Dimulai dengan koin sisa belanja, misalnya. Sediakan celengan khusus untuk itu. Dengan demikian, buah hati Anda lebih mudah memahaminya.

Ajarkan Hidup Hemat
Hidup hemat akan menjadi dasar anak gemar untuk menabung. Ini bisa dimulai dengan memberitahu mereka untuk menyisihkan sebagian dari uang sakunya.

Yang perlu diingat, perhatian dan pengawasan Anda dibutuhkan agar buah hati bisa melakukannya secara benar. Terus menanyakan sisa uang saku yang diberikan akan membantu untuk suksesnya program ini. Setelahnya, dampingi mereka ketika memasukkan sebagian uang saku pada celengan yang telah disiapkan.

Berikan Celengan yang Menarik
Bentuk atau corak celengan merupakan motivasi tersendiri. Celengan yang menarik akan membuat mereka terdorong untuk terus memasukkan uang mereka ke celengan tersebut.

Ajak Buah Hati Anda Menyusun Daftar Keinginan
Ini adalah salah satu cara untuk menjaga semangat menabung buah hati Anda. Adanya daftar keinginan mendorong mereka untuk mewujudkannya. Yang perlu Anda lakukan adalah mengarahkan agar uang tabungan dimanfaatkan dengan tepat.

Demikian beberapa cara menumbuhkan minat anak Anda untuk gemar menabung dalam rangka hidup hemat. Jika buah hati terbiasa untuk menyisihkan sebagian uangnya, ia akan terhindar dari sifat boros dan berlebih-lebihan.

Cara Mengajarkan Anak Menabung 4.5 5 Admin 6 Jun 2014 Cara Mengajarkan Anak Menabung - Walau dipandang kurang penting oleh sebagian besar orang tua, kegiatan menabung merupakan jurus ampuh u...

GRATIS Berlangganan Artikel Blog Ini

Masukan Alamat E-Mail Kamu :



OzDigiMed