• HOME
  • Sitemap

Keputihan Pada Wanita Saat Hamil Apakah Berbahaya

 on 22 Nov 2015  


Halo bunda, sedikit share nih soal keputihan tentunya, namun kali ini saya akan bagi keputihan pada wanita hamil, nah tentunya ini menjadi penting, karena saya sering mendapat pertanyaan dari teman yang sedang hamil dan mengalami keputihan, rasanya cemas dan memang betul, karena saya sendiri pada waktu hamil mengalami keputihan, sering ganti celana dalam dan tentu saja rasa was-was itu datang.

Nah untuk itu, yuk kita baca informasi mengenai hal ini, agar ada kejelasan mengenai keputihan saat hamil, apa sih penyebab keputihan saat hamil itu :

1. Keputihan saat hamil yang pertama adalah candidosis vulvowa-ginal

Keputihan jenis ini biasa disebabkan oleh bakteri dan jamur yang berkembang diseputar area kewanitaan, keputihan disertai rasa gatal ini biasanya terjadi pada saat hamil muda, juga terpicu jika bunda memiliki gejala diabetes, atau mungkin mengkonsumsi anti biotik.

Keputihan ini juga bisa dipicu oleh gaya hidup, kurangnya menjaga kebersihan dan pakaian dalam terutama celana dalam yang tidak mampu sempurna menyerap keringat juga menjadi pengundang keputihan datang. Keputihan pada wanita hamil jenis ini jika tidak segera ditangani akan berakibat pada kelahiran bayi yang kurang berat badannya atau bahkan mengalami prematur.

2. Keputihan jenis vagi-nosin bakterialis

Jenis keputihan ini sama persis pada jenis yang pertama, namun jenis keputiahan ini adalah dominan disebabkan oleh bakteri. Pemicunya adalah bakteri yang mungkin terdapat pada air yang terlalu banyak mengandung bakteri e-coli dan mungkin penggunaan celana yang terlalu ketat.

Tips untuk menghindari keputihan jenis ini adalah dengan selalu menjaga kebersihan, penggunaan air yang bersih dan selalu gunakan celana dalam yang mampu menyerap keringat serta sering lah ganti celana jika terasa gerah.

3. Keputihan trikomoniasis

Nah keputihan yang satu ini adalah keputihan yang disebabkan oleh karena danya peradangan pada daerah leher rahim, ini terjadi karena adanya aktifitas protozoa di daerah tersebut. keputihan jenis ini biasanya berbau dan berbuih, serta mengalami rasa gatal yang menyengat

Nah berikut tips untuk mencegah keputihan saat hamil:

Jaga stamina tubuh
Agar pertahanan tubuh atau antibody selalu aktif, maka hendaknya bunda selau menjaga stamina, jangan biarkan rasa malas menyerang bunda sekalian, rajinlah makan, asupan makanan yang benar, olah raga teratur, bangun pagi, cukup istirahat.

Daerah keanitaan tetap kering
Usahakan untuk membersihkan daerah kewanitaan, jaga daerah keanitaan tetap kering, jangan sampai becek karena keringat berlebih, selalu usap pakai handuk setelah pipis ya, agar tatap fresh dan kering, ini bertujuan agar bakteri tidak mudah berkembang di tempat itu

Gunakan celana dalam yang tepat
Penggunaan celana dalam yang tepat dan dapat menyerap keringat dengan penuh akan meminimalisir berkembangnya bakteri dan jamur pada area kewanitaan.

Baca Juga : 

Keputihan Pada Wanita Saat Hamil Apakah Berbahaya 4.5 5 Admin 22 Nov 2015 Halo bunda, sedikit share nih soal keputihan tentunya, namun kali ini saya akan bagi keputihan pada wanita hamil , nah tentunya ini men...

GRATIS Berlangganan Artikel Blog Ini

Masukan Alamat E-Mail Kamu :



OzDigiMed