• HOME
  • Sitemap

Tips Anak Susah Makan

 on 30 Mei 2014  

Tips Anak Susah Makan - Usia balita adalah masa dimana gangguan makan pada anak biasa terjadi. Ini disebabkan karena ia dapat dengan mudah memilih makanan mana yang rasanya lebih enak. Disamping itu juga dapat disebabkan karena jajanan yang kurang sehat yang dikonsumsi.

Untuk menjaga pertumbuhan serta perkembangannya, cara praktis ini bisa dilakukan agar anak mau mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi.

1.Kreasikan penyajian dan bentuk makanan
Anak pada umumnya memang lebih tertarik untuk bermain. Untuk memudahkan saat mengajak anak makan sebaiknya sajikan makanan dengan berbagai bentuk yang lucu dan menarik. Seperti, jika anak suka hewan seperti burung atau ayam misalnya, buat makanan ala bento yang unik dan lucu.

2. Dorong Anak untuk mencoba lagi
Kesabaran mutlak diperlukan dalam mengatasi masalah gangguan makan pada si kecil. Hasil dari penelitian yang dilakukan, si kecil akan mulai menyukai makanan yang pada awalnya tidak mereka sukai dengan mencobanya berulang kali, yaitu sepuluh kali.

3. Hadirkan camilan sehat
Anak-anak cenderung aktif dan suka bergerak kesana-kemari, sehingga bisa dipastikan energi mereka akan banyak terkuras. Sebaiknya, siapkan camilan sehat agar ketika ia ingin jajan, Anda bisa memberikan pilihan makanan yang enak dan sehat. Puding buah, buah potong dan yoghurt bisa menjadi alternatif pilihan.

4. Siasati dengan komposisi tinggi energy - tinggi protein
Makanan yang tinggi energi dan protein bisa dimasukkan dalam mensiasati Anak yang sering menolak makanan. Burjo alias bubur kacang hijau plus susu atau nugget isi sayuran, misalnya.

5. Konsultasi kepada ahli
Gangguan makan biasa terjadi pada anak-anak yang memiliki riwayat alergi serta keterlambatan motorik. Jika buah hati Anda tetap sulit untuk menerima makanan dan tetap menolaknya, tidak  ada salahnya Anda berkonsultasi pada dokter atau ahli nutrisi.

Tips Anak Susah Makan 4.5 5 Admin 30 Mei 2014 Tips Anak Susah Makan - Usia balita adalah masa dimana gangguan makan pada anak biasa terjadi. Ini disebabkan karena ia dapat dengan mud...

GRATIS Berlangganan Artikel Blog Ini

Masukan Alamat E-Mail Kamu :



OzDigiMed